Peserta Tes CPNSD Lampung banyak yang gugur

Desember 6, 2010

BANDARLAMPUNG – Angka ketidakhadiran peserta tes tertulis atau tes kemampuan dasar (TKD) seleksi calon pegawai negeri sipil daerah (CPNSD) se-Lampung cukup tinggi. Dari 85.276 peserta, sebanyak 32,04 persen atau 27.324 peserta gugur. Data yang dihimpun Radar Lampung dari panitia CPNSD
di kabupaten/kota menunjukkan angka ketidakhadiran tertinggi ada di Kabupaten Pesawaran. Dari 14.209 peserta yang mendaftar, sebanyak 5.562 tidak mengikuti tes. Padahal sebelumnya, kabupaten ini menjadi daerah favorit pelamar.

Sedangkan tingkat ketidakhadiran terendah adalah Kota Metro. Yang absen mengikuti tes sebanyak 810 peserta dari 3.683 pelamar. ’’Mungkin mereka melihat kuota di daerah lain lebih berpeluang sehingga tidak mengikuti tes,’’ kata Kepala Badan Kepegawaian Lampung Tamrin Bachtiar kemarin (5/12).

Faktor lainnya, lanjut Tamrin, peserta mendaftar lebih dari satu wilayah sehingga mereka harus memilih salah satu di antaranya. ’’Itu sah-sah saja dilakukan para pelamar,’’ terangnya.

Sementara di Kabupaten Tanggamus, Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) Drs. Barmawi Harun mengatakan, 895 peserta di wilayahnya tidak mengikuti tes CPNSD dari 3.449 yang mendapatkan nomor.

’’Pelaksanaan tes CPNSD Tanggamus tahun 2010 ditempatkan di tiga kecamatan, yakni Talangpadang, Gunungalip, dan Gisting, serta menggunakan 27 sekolah. Dari 27 gedung sekolah itu terdiri 178 ruang dengan 383 pengawas,’’ jelasnya.

Di Lampung Selatan, Sekkab Ir. Sutono, M.M. mengaku tes berjalan lancar. Jumlah peserta tes CPNSD di wilayah ini sebanyak 3.920 orang. Namun, yang tidak hadir mencappai 1.269 orang atau 32,3 persen.

Begitu juga di Lampung Barat. Jumlah peserta yang absen mencapai 1.201 orang dari total 4.744 pelamar. ’’Tingkat ketidakhadiran peserta mencapai 25,29 persen. Ini terjadi karena mereka mengirimkan lamaran lebih dari satu kabupaten. Sehingga mereka memilih di kabupaten/kota mana jumlah formasi yang dilamarnya lebih berpeluang,’’ ungkap Plt. Sekkab Hi. Nirlan, S.H., M.M. yang juga menjabat ketua panitia penerimaan CPNSD Lambar kemarin.

Untuk Kabupaten Pringsewu, peserta yang tidak mengikuti tes CPNSD mencapai 1.772 dari 4.977 pelamar. Ini terlihat dari 252 lokal yang digunakan untuk tes, banyak bangku yang kosong tidak ada pesertanya. Di wilayah ini pelaksanaan tes juga dipantau langsung oleh perwakilan Universitas Indonesia (UI) dan Badan Kepegawaian Nasional (BKN).

Sekkab Pringsewu Zulkifli Maliki, M.M. menjamin pelaksanaan tes di wilayahnya bebas dari praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN). ’’Berdasarkan pantauan lokasi tes, ada sejumlah lokal yang tidak penuh terisi,’’ tandasnya.

Sementara, Pj. Bupati Pringsewu Sudarno Eddi didampingi Kepala Bagian Kepegawaian Bajuri serta anggota komisi A juga melakukan pemantauan. Mereka meninjau peserta tes di SMPN 3, SMA Xaverius, SMP Xaverius, SD Muhammadiyah, dan SMAN 1 Pringsewu.

Terpisah, Wali Kota Metro Lukman Hakim menegaskan, pihaknya tidak akan segan-segan memberikan sanksi tegas bagi oknum-oknum yang terbukti melakukan pungli maupun kecurangan dalam pelaksanaan tes CPNSD kali ini. ’’Meski ada sejumlah isu terkait adanya kecurangan dalam pelaksanaan tes CPNSD kali ini, bisa Anda buktikan di Kota Metro berjalan kondusif dan aman,’’ paparnya.

Di Metro, kata Lukman, sebanyak 22,95 persen atau 810 dari 3.683 peserta tes calon pegawai negeri sipil daerah (CPNSD) absen. Mereka dinyatakan gugur karena tak mengikuti tes.

Kondisi serupa terjadi pada pelaksanaan tes di Kabupaten Lampung Timur. Total ada 4.604 pelamar yang mendapat nomor tes. Namun, 1.190 di antaranya tidak hadir tanpa keterangan jelas.

Sementara, 1.475 peserta CPNSD di Kabupaten Lampung Tengah juga absen. Total pelamarnya sendiri mencapai 5.020 orang.

Tes tertulis CPNSD tahun 2010 mendapat perhatian serius dari Wakil Bupati Lamteng Ir. Mustafa, M.H. Kemarin sekitar pukul 09.30 WIB, dia meninjau pelaksanaan tes di SMKN 2 Terbanggibesar. Peninjauan dilakukan bersama Sekkab Drs. Syarip Anwar, M.P., Kapolres AKBP Budi Wibowo, dan sejumlah pejabat pemkab setempat.

Untuk Kabupaten Waykanan, meski pelaksanaan tes berjalan lancar, dari 6.987 pelamar, sebanyak 1.764 orang atau 25,36 persen tidak hadir. (sumber:radarlampung/wdi/dna/sag/wid/gde/rnn/c1/ary/alamat pengiriman berkas CPNSD Lampung)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: