Penjualan mobil keluarga tertinggi

Januari 7, 2011

JAKARTA, KOMPAS.com – Hebat! Penjualan mobil keluarga ideal, baik penumpang maupun komersial selama 2010 di Indonesia, memperlihatkan pertumbuhan yang sangat tinggi. Kondisi ini sekaligus membuktikan ekonomi Indonesia terus tumbuh hebat.

 

Penjualan mobil dari anggota anggota GAIKINDO  yang diperoleh KOMPAS.com – untuk wholesales (dari ATPM ke dealer) – melewati perkiraan, 763.751 unit. Kalau digabung dengan importir umum, angkanya tentu saja makin tinggi. Apalagi mobil yang dijual importir umum lebih mahal, nilai nominalnya pun lebih tinggi.

Seluruh ATPM merasakan kenaikkan penjualan tahun lalu, mencapai 57,1 persen untuk wholesale. Sedangkan ritel 744.895 unit,  52,3 persen. Dibandingkan dengan Thailand  – memperkirakan tahun ini mendekati 800.000 unit –  Indonesia masih nomor dua di Asean.

Toyota Top
Toyota tidak tergoyahkan berada di posisi puncak penjualan
mobil keluarga ideal terbaik Indonesia. Tahun ini, wholesales Toyota mencapai rekor baru 280.680 unit atau menguasai 36,8 persen pangsa pasar mobil nasional. Penjualan unit Toyota naik 54 persen (tahun lalu 186.687 unit), namun porsinya tergerus sedikit. Kalau 2009 Toyota memperoleh pangsa 38,4 persen, tahun ini menjadi 36,8 persen.

Daihatsu masih satu payung dengan Toyota, bertahan di posisi kedua dengan penjualan 118.591 unit atau mencapai  kenaikkan 53 persen. Daihatsu memperoleh porsi 15,5 persen untuk nasional, turun tipis dari 15,9 persen pada 2009 menjadi 15,4 persen pada 2010.  

Mitsubishi berada di posisi ketiga, ikut berpesta dengan penjualan di atas 100.000 unit. Tepatnya, 106.483 unit atau naik 72 persen. Tahun lalu penjualan Mitsubishi 61.735 unit atau memperoleh pangsa 13,9 persen dari penjualan nasional, sedangkan 2009 hanya  12,7 persen.

Suzuki yang sebelumnya sempat dilewati Honda, tahun ini total penjualan unit berada di posisi keempat. Suzuki mengalami kenaikkan 59 persen pangsa secara nasional naik dari 9,2 persen menjadi 9,3 persen.

Desember Tertinggi
Penjualan selama Desember 2010 untuk wholesale mencapai 69.006 unit, turun dibandingkan Oktober dan November 2010. Namun untuk ritel, tertinggi sepanjang 2010, mencapai 73.239 unit. 

Promosi gencar dilakukan ATPM bersama dealer untuk mengenjot penjualan untuk mengejar target dan bonus. Konsumen juga menyerbu karena pada awal tahun diberlakukan tarif pajak baru yang menyebabkan harga  “on the-road” naik cukup tinggi. Karena itu pula, pada bulan penutup tahun tersebut, seluruh merek memperoleh “bonus” kenaikkan penjualan dibandingkan dengan sebelumnya. Hasilnya, total penjualan selama 2010  melewati perkiraan! Sumber:http://otomotif.kompas.com/read/2011/01/06/17425999/2010.Penjualan.Mobil.di.Indonesia.Mencapai.763.751.Unit.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: